Senin, 07 Maret 2016

promosi ekonomi

PROMOSI PERIKLANAN
Iklan (adversiting) adalah komunikasi tidak langsung, yang dibayar, digunakan oleh sponsor tertentu untuk menyampaikan kepada orang-orang mengenai sebuah produk.Pada tahun 2002, perusahaan-perusahaan Amerika Serikat mengeluarkan S237 miliar untuk periklanan, dengan S83 miliar jumlah tersebut dihabiskan oleh 100 perusahaan. Pada bagian ini, kita akan mulai dengan menguraikan masing-masing tipe media periklanan yang berbeda, mengetahui keuntungan dan keterbatasan masing-masing tipe tersebut. Kemudian, kita akan membahas kampanye iklan dan peran biri iklan dalam merancang tipe tersebut.
STRATEGI PERIKLANAN
Seperti hanlnya alat-alat promosi, strategi periklanan biasanya bergantung pada tahap yang sudah dicapai produk tersebut dalam daur hidup produk. Dalam tahap periklanan, contohnya, iklan yang informatif dapat membantu mengembangkan kesadaran para pembeli mengenai perusahaan dan produknya serta membantu meningkatkan permintaan akan produk tersebut. Ketika sebuah buku teks baru diterbitkan, para dosen menerima iklan pos surat yang informatif agar mereka mengetahui isi buku dan ketersediaan nya.
Sejalan dengan semakin mantapnya produk dan meningkatnya persaungan, strategi periklanan berubah. Selama tahap pertumbuhan dan kedewasaan produk, tenaga pemasaran dapat memilih salkah satu dari tiga pendekatan umum diantaranya yaitu :
Ø  Iklan Persuasif (persuasive adversiting) berusaha mempengaruhi konsumen agar membeli produk suatu perusahaan dan produk pesaingannya. Pendekatan ini biasanya menekankan kualitas.
Ø  Iklan Perbandingan (comparative adversiting) yang membandingkan dua produk atau lebih secara langsung. Tujuan nya adalah mencuri penjualan dari para pesaing.
Ø  Iklan Pengingat (reminder adversiting) dapat membantu mempertahankan nama produk dalam ingatan konsumen.
MEDIA PERIKLANAN
Konsumen cenderung mengabaikan tumpukan pesan iklan yang membombardir mereka. Peara tenaga pemasaran harus mengetahui siapa pelanggan mereka, media apa yang digunakan, pesan apa yang akan menarik bagi mereka, dan bagaimana cara mendapatkan perhatian mereka. Tenaga pemasaran kemudian akan menggunakan berbagai media periklanan yaitu, Alat komunikasi tertentu untuk menyampaikan pesan penjual kepada calon pelanggannya. Berikut ini adalah media periklanan yang paling umum dan setiap media tentunya memiliki keuntungan dan kerugian, diantaranya yaitu :
Televisi
            Merupakan salah satu media yang mengeluarkan atau memperlihatkan pengeluaran iklan pada jaringan TV oleh beberapa perusahaan di AS.Dengan 21 persen dari semua biaya iklan, televis merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan. Selain sebagai jaringan utama, televise kabel telah meningkatkan pendapatan iklanya dari s3,4 miliyar pada tahun 1995 menjadi lebih dari S10 miliar pada tahun 2002.
            Dengan menggabungkan visualisasi, suara dan gerak, televise menarik seluruh indra pemirsa. Selain itu, Informasi tentang kondisi demografis pemirsa akan program terntu memmungkinkan pengiklanan untuk mengarahkan iklanya kepada kkhalayak sasaran. Televisi dapat menjangkau pemirsa lebih banyak daripada media lainnya, namun banyaknya iklan di televise menyebabkan TV juga membuat TV menjadi media yang buruk dalam mendidik pemirsa, dan televise juga merupakan media yang paling mahal untuk beriklan.
Pos surat
            Iklan pos surat (direct-mail) mendapatkan sekitar 18 persen dari biaya semua iklan. Pos suara melipiti iklan percetakan yang dikirim langsung kerumah konsumen atau tempat usaha. Pos surat memungkinkan perusahaan untuk menyeleksi pemirsanya dan menghususkan pemesanannya. Walaupun banyak orang membuang pos sampah (junk mail0, pengiklanan pengfiklanan dapat memperkirakan sebelumnya berapa penarima surat yang akan menanggapinya dengan serius. Selain itu, orang-orang inilah yang mempunyai minat diatas rata-rata terhadadap sebuah produk yang diiklankan dan kemungkinan besar akan membeli produk yang di promosikan tersebut. Walaupun Walaupun biaya awalnya sangat besar dibangding tekhnik beriklan lainnya, Pos surat mempunyai keefektifan biaya tertinggi dan mengasilkan S582 juta penjualan di AS selama tahun2001.

Koran
            Koran mencakup sekitar 10 persen dari semua pengeluaran iklan.Karena setiap pasar local mempunyai paling tidak satu Koran harian.Koran memberi pencakupan sangat baik karena setiap harinya, mereka menjangkau lebih dari 200 juta orang dewasa di Amerika Serikat.
            Iklan Koran juga bersifat fleksibel, mudah diganti-ganti setiap harinya. Akan tetapi, Koran umumnya akan dibuang setelah satu hari, dank arena lingkup keterbacaan nya begitu luas, iklan tidan memungkinkan pengiklanan membidik pemirsa secara baik.
Majalah
            Iklan majalah mencakup kira-kira 8 persen dari semua iklan.Besarnya variasi majalah menyediakan pangsa pasar tingkat tinggi yang sudah siap bidik.Majalah juga menyediakan banyak ruangan untuk informasi produk yang lengkap kepada pengiklan.Majalah juga memungkinkan reproduksi fotografi karya seni yang sempurna. Karena majalah sifatnya tahan lama dan dapat diberikan kepada orang-orang lain, iklan majalah akan terus menerus dilihat oleh orang. Akan tetapi, iklan harus segera diserahkan sebelum majalah diceta, dan terkadang tidak ada jaminan di bagian mana iklan tertentu akan muncul dalam majalah. Majalah menjadi bagitu efektif dalam meraih beberapa sasaran pemirsa sehingga para pengiklan termasuk phillip Moris, American Automobile Association, Mercedez Benz, dan Sears & Reobuck telah mensponsori majalah mereka sendiri.
Radio
            Sekitar delapan persen dari semua pembiayaan iklan mencakup iklan radio.Lebih dari 227 juta orang atau 96 persen dari semua orang berusia 12 tahun keatas di Amerika Serikat mendengar radio setiao hari, dan iklan radio tidak begitu mahal. Perusahaan keicil di bagian amerika Serikat terutama di bagian kota yang memiliki penduduk 100.000 orang hanya membayar sekita S20 untuk durasi radio local sepanjang 30 detik. Selain itu karena stasiun-stasiun radio biasanya tersegmentasi ke dsalam beberapa kategori seperti rock and roll, country and western, jazz, acara bincang-bincang, beritadan program keagamaan, pendekar merekapun tersegmentasi juga. Sayangnya, iklan radi berlalu dan masyarakat cenderung menggunakan radio sebagai “pendamping” sambil mengerjakan hal yang lain.
Iklan Luar Ruangan
            Iklan luar ruangan (outdoor adversiting) papan iklan, poster dan iklan di bus, taksi atau kereta api mencakup sekitar satu persen dari semua iklan.Iklan-iklan ini tidak terlalu mahal, menghadapi sedikit pesaing dalam mendapatkan perhatian pelanggan, dan dapat terus menerus dilihat oleh orang. Iklan luar ruangan ini pernah dianggap kurang menarik dibandingkan dengan media lain yang lebih kreatif dan menyebabkan peningkattan baru telah membuat iklan luar ruangan menjadi lebih kreatif dan menyebabkan peningkatan pengeluaran untuk iklan jenis ini, pada tingkat 8 persen per tahun, sector iklan luar ruangan tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan iklan Koran, majalah, dan televise.
            Banyak diantara 400.000 papan iklan di amerika serikat sekarang menguji coba animasi dan pengubahan citra, dan dewasa ini, pesan papan iklan menjadi lebih murah, karena mereka dapat dicetak berwarna secara digital oleh computer dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi, iklan luar ruangan ini hanya dapat menempatkan jumlah informasi yang sangat terbatas, dan penjual mempunyai sedikit kendali terhadap khalayak pemirsa.
Iklan Internet
            Media iklan yang baru-baru ini popular adalah Internet.Nama-nama besar seperti 3M Corp dan MCI Communications, bersama ribuan perusahaan yang kurang dikenal lainnya telah menempatkan iklannya dalam internet.Walaupun pengiklanan di internet masih dalam tahap pertumbuhan dan memberikan potensi yang besar, banyak tenaga pemasaran menyadari bahea iklan tersebut juga memiliki keterbatasan.Alasan khususnya yaitu konsumen tidak ingin mendatangi berbagai halaman elektronis untuk melihat pada ratusan produk. Beberapa pakar berpendapat bahwa sebagian besar iklan komersial di internet tidak pernah dibaca oleh siapa pun, namun iklan Internet menghasilkan hamper 2 persen dari pengeluaran iklan di AS.
            Akan tetapi, iklan yang dibidikkan, menjadi menarik karena pengiklanan Internet dapat mengukur keberhasilan pesan, Mereka dapat menghitung seberapa banyak orang yang melihat mesing-masing iklan dan mereka dapat menelusuri jumlah click through pada situs Web pemasangan iklan itu sendiri. Electronic tracking devices menyiarkan informasi seperti iklan mana yang menghabiskan pembelian yang lebih besar, margin penjualan mana yang dihasilkan dari masin-masing penjualan, dan iklan mana yang lebih menarik perhatian pemirsa sasaran.
            Perusahaan Internet global adalah salah satu perusahaan pertama yang membantu pengiklanan lain mengambil keuntungan dari kapasitas web mereka yang khusus untuk membuat pesan iklan dan menelusuri perilaku penggunaan oline mereka.
Penggalian data dan penyimpanan data untuk iklan internet
            Internet dapat mendorong para pembidikan karena volume data dapat dikumpulkan secara elektronik dari para pengguna Internet. Pola prilaku jutaan penggunaan Internet dapat ditelusuri dengan menganalisis berkas-berkas (file) informasi yang dikumpulkan dari waktu ke waktu. Dengan sarana penggalian data dan penyimpanan data, sekumpulan besar data tentang perilaku pengguna mengungkap siapa yang telah membeli produk tertentu dan seberapa banyak pembelinya, melalui situs Web mana orang-orang membeli produk, cara mereka membayar, dan lain-lain. Dengan menganalisis Apa yang sesungguhnya dilakukan konsumen, para e-marketer dapat menentukan apa yang mungkin dibeli berikutnya dan kemudian mengirim mereka iklan yang disesuaikan dengan kebutuhan.
Periklanan Maya
            Mode iklan internet yang bahkan lebih baru lagi, disebut periklanan maya (virtual adversiting), menggunakan difital implant atas merek atau produk ke dalam tayangan live atau tape orgamming, sehingga mampu memberikan gambaran bahwa produk tersebut adalah bagian dari pertunjukan tersebut. Dengan teknik ini, produk pengiklan dapat muncul sebagai bagian dari acara TV pada saat pemirsa lebih menaruh perhatian dan bukannya selam iklan berlangsung. Dalam pertandingan bola basket di televise, digital image merek tertentu  bentuk bulat jam Rolex atau roda Acura dapat secara elektrinis deperbesar dan seolah-olah dipanjang di tengah-tengah lapangan tanpa mengubah arena pertandingan secara fisik.
Saluran Periklanan Lainnya
            Kombinasi media lain, diantaranya katalog, selebaran yang dibagikan di jalan, halaman kuning, hubungan telepon, acara khusus dan komunikasi pintu ke pintu, melengkapi 36 persen seluruh iklan di AS. Kombinasi media yang digunakan perusahaan untuk melakukan aktivitas iklan disebut bauran media (media mix).

Mempersiapkan Kampanye dengan Biro Iklan
Kampanye iklan adalah pengaturan iklan di media yang telah diseleksi untuk menjangkau khalayak sasaran.Hal ini meliputi beberapa kegiatan yang secara bersama-sama membentuk program citra perusahaan. Sebuah Kampanye biasanya melibatkan enam langkah berikut :
1.      Mengenali khalayak sasaran
2.      Memantapkan anggaran periklanan
3.      Menentukan tujuan pesan-pesan iklan
4.      Menciptakan pesan iklan
5.      Menyeleksi media yang tepat
6.      Mengevaluasi efektivitas iklan

Tabel 13.1

Biro iklan
            Biro iklan (advertising agency) adalah perusahaan independen yang menyediakan beberapa atau semua kebutuhan iklan klien mereka membantu penyusunyan kampanye iklan dengan menyediakan jasa-jasa khusus. Biro iklan nekerja sama dengan perusahaan klien untuk menentukan pesan inti kampanye, menciptakan isi pesan secara detile, mengidentifikasi media periklanan, dan menegosiasikan pembelajaran media.
            Keuntungan yang ditawarkan biro iklan adalah keahlian di bidang penyusunan tema ikla, isi pesan, dan karya seni, seperti juga keahlian dalam mengkoordinasikan produksi iklan dan menyarankan hal-hal yang berkaitan dengan hokum.Belakangan ini, para biro iklan khusus telah muncul untuk melayani klien dengan tujuan yang sangat khusus dalam iklan atau segmen pasar yang khusus pula.
            Untuk pembayaran bagi jasanya, biro iklan biasanya menerima persentase, biasanya 15 persen dari biaya belanja media. Jika, misalnya, biro iklan mengeluarkan S1 juta sebagai perjanjian dengan televise untuk melakukan kampanye klien, biro itu akan menerima S150.000 dari pelayanan tersebut.
PENJUALAN LANGSUNG
Sebagai bentuk tertua dari penjualan, Penjualan pribadi (personal selling) adalah seorang penjual yang bertatatap muka dengan para calon pelanggan untuk mengetahui kebutuhannya dan menawarkan produk milik penjual kepada mereka. Bentuk penjualan yang paling tua ini menyediakan hubungan pribadi antara penjual dan pembeli serta menambahkan kreadibilitas sebuah perusahaan karena memungkin kan pembeli untuk berinteraksi dan bertanya kepada penjual. Kedekatan professional ini terutama efektif untuk pemasaran hubungan, hal ini mendekatkan penjual kepada pembeli, memberikan penampakan yang lebih jelas terhadap bisnis pelanggan, dan tenaga penjualan dapat membantu pembeli dalam menciptakan jasa yang bernilai tambah.
            Karena menyangkut interaksi secara pribadi, penjualan pribadi menuntut kepercayaan tertentu antara pembeli dan penjual, hubungan yang terkadang harus dimantapkan dari waktu kewaktu.Selain itu karena persentasi secara umum dibuat hanya untuk satu atau dua individu dalam suatu waktu, penjualan pribadi merupakan bentuk promosi paling mahal per kontak.Beban biaya termasuk kompensasi para penjual dan biaya tambahan lainnya biasanya perjalan, makanan, dan penginapan. Tentu saja, biaya rata-rata yang akan dikeluarkan dari penjual industry perseorangan telah diperhitungkan kira-kira sekitar S300.
Telemarketing dan penjualan pribadi
            Tingginya biaya telah mendorong banyak perusahaan beral;ih ke telemarketing, karna dengan menggunakan telepon untuk melakukan proses penjualan pribadinya. Telemarketing dapat menghemat biaya kunjungan untuk melengkapi suatu penjualan, sehingga beberapa perusahaan telah merealisasikan penghematan dalam kunjungan penjualan sebesar S1,000 atau lebih. Penghematan semacam itu mendorong pertumbuhan telemarjeting yang luar biasa di amerika serikat, yaitu menjual barang dan jasa senilai lebih dari S100 miliar pada tahun 2002 dengan mempekerjakan sekitar enam juta oeang. Akan tetapi, jutaan panggilan telepon telah membuat masyarakat dan para politikus marah, sehingga telah memasukkan mereka ke dalam daftar untuk tidak ditelepon, yang mampu memblokir telepon telepon rumah dari penelepon telemarketer.Hasilnya adalah penurunan secara dramatis dalam penjualan dan memotong lahan pekerjaan sebanyak 2 jita meskipun industry telemarketing berupaya untuk tetap bertahan.
MANAJEMEN TENAGA PENJUALAN
            Manajemen tenaga penjualan berarti menetapkan tujuan-tujuan pada tingkatan tinggi organisasi, menetapkan tujuan praktis bagi para penjual, mengorganisasikan tenaga-tenaga penjualan yang dapat memenuhi tujuan tersebut serta menerapkan dan mengevaluasi keberhasilan rencana keseluruhan pemjualan.
Situasi Penjualan Langsung
Para manajerdari tenaga telemarketing dan tenaga penjual tradisional harus selalu mempertimbangkan langkah-langkah tenaga penjual yang dapat dipengaruhi oleh perbedaan antara produk-produk konsumsi dan distribusi :
Ø  Penjualan eceran (retail selling) meliputi penjualan produk konsumsi untuk keperluan pribadi atau keperluan rumah tangga.
Ø  Penjualan industry (industrial selling) meliputi penjualan produk ke perusahaan bisnis lainnya, baik untuk kepentingan pembuatan produk lain atau untuk dijual kembali.
Masing-masing situasi ini mempunyai karakteristik yang berbeda.Dalam penjualan ecera, misalnya pembeli biasanya dating kepada penjual.Sebaliknya, para penjual industri hamper selalu mendatangi tempat bisnis yang menjanjikan. Proses keputusan Industri juga lebih memakan waktu di bandingkan dengan keputusan eceran karena melibatkan lebih banyak uang, orang-orang yang terlibat dalam pengambilan keputusan, dan harus mempertimbangkan beberapa alternative.
Tugas-tugas Penjualan Langsung
Satu aspek penting dari manajemen angkatan kerja penjualan adalah mengawasi para penjual dalam melaksanakan tiga tugas dasar yang biasanya berhubungan dengan penjualan pribadi, pengolahan pesanan, penjualan kreatif dan penjualan misionaris. Bergantung pada produk dan perusahaan, pekerjaan penjualan biasanya mensyaratkan individu-individu melaksanakan tiga  tugas tersebut pada tingkatan tertentu.
Pengolahan Pesanan(orde processing)
Penjual menerima pesanan serta memeriksa penanganan dan pengantarannya.Penjual keliling, yang mengubungi pelanggan tetapnya untuk mengecek persediaan barang mereka, sering kali merupakan pengolah pesanan.Dengan persetujuan pelanggan, mereka boleh menentukan ukuran pesanan ulang, langsung mengisinya setelah diturunkan dari truk, bahkan menyusunnya di rak pelanggan.
Penjualan kreatif (creative selling)
Dapat membantu membujuk pembeli, kebanyakan produk produksi berhubungan dengan penjualan kreatif, khususnya ketika seorang pembeli tidak mengenal produk atau keistimewaan dari penggunaan merek tertentu. Penjualan pribadi juga sangat penting untuk produk konsumsi yang mahal harganya, seperti rumah dan mobil, karena pembelinya sering membandingkan antar took.
Penjualan misionaris(Missionary selling)
Perusahaan juga dapat menggunakan penjualan missionaris yang bertujuan mempromosikan diri dan produknya, bukannya melakukan penjualan begitu saja. Perwakilan perusahaan obat mempromosikan obat lepada dokter yang sebaliknya akan memberikan resep obat tersebut kepada para pasiaen.
Proses Penjualan Langsung
1.      Pencarian calon pelanggan dan manila kualifikasinya
Penjual pada awalnya harus mempunyai pelanggan yang poteensial, atau calon pelanggan Pencarian calon pelanggan (prospecting) adalah proses pengenalan calon pelanggan. Para tenaga penjual mencaro calonnya lewat catatan perusahaan, pelanggan, teman, saudara, pegawaiperusahaa, dan asosiasi pengusaha.Dalam penilaian kualifikasi calon tersebut kemudian harus dinilai untuk menentukan apakah mereka mempunyai wewemnang membeli dan kemampuan membayar.
2.      Pendekatan
Pendekatan (approach) mengacu pada beberapa menit pertama kontak tenaga penjual dengan calonnya yang memenuhi syarat. Karena hal ini mempengaruhi kreadibilitas tenaga penjual, keberhasilan dalam tahapan tahapan proses berikutnya bergantung pada kesan penjual harus menampilkan sosok rapi yang professional dan menyapa si calon tenaga penjual tersebut. Untuk alas an inilah tenaga penjua harus menampilkan sosok rapi yang propesional dan menyapa si calon dengan sikap percaya diri yang kuat.
3.      Presentasi dan demontrasi
Selanjutnya, si penjual harus menyajikan pesan promosinya kepada si calon pelanggan, penjelasan lengkap mengenai produk, keistimewaan, dan penggunaanya.Yang terpenting, proses ini menghubungkan manfaat produk dengan kebutuhan calon pelanggan. Persentasi bias disertai atai tidak dalam denonstrasi produk.
4.      Penanganan Keberatan dab Penolakan
Tidak peduli produk apapun, calon pelanggan pasti mempunyai beberapa alas an keberatan. Pada akhirnya, mereka akan meminta diskon mengan mengajukan keberatan harga.
5.      Penutupan
Bagian yang paling penting dari proses penjualan adalah Penutupan (closing) yaitu waktu penjual meminta kesanggupan calon pelanggan untuk membeli produk tersebut. Tenaga penjual yang sukses dapat mengenali tanda-tanda bahwa pelanggan siap membeli.Calon pelanggan yang mulai menghitung pembayaran bulanan atas produk tersebut dapat secara jelas mengindikasikan kesiapannya membeli.Penjual kemudian seharusnya mengusahakan untuk menutup penjualan.Penutupan juga termasuk langkah dalam penjualan pribadi yang dilakukan para penjual untuk bertanya kepada calon pelanggan nya agar membeli produknya.
6.      Melakuan Follow Up
Follow Up merupakan aktivitas inti, terutama untuk hubungan pemasaran. Untuk mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pembeli, penjual uang baik tidak mengakhiri proses dengan terjadinya transaksi. Penjual ingin penjualn ini menjadi sedemikian berhasilnya sehinnga para pelanggan ingin membeli lagi dari penjual ini di masa yang akan dating. Dengan demikian, penjual memberikan jasa kenyamanan dan nilai tambah.Follow-up mencakup proses oesanan pelanggan secara cepat, pengantaran tepat waktu, dan layanan perbaikan yang cepat.

PROMOSI PENJUALAN
            Promosi penjualan (sales promotion) adalah kegiatan promnosi jangka pendek yang di rancang untuk merangsang konsumen agar membeli atau bekerja sama dengan distributor, agen penjualan atau anggota dagang lainnya. Mereka dianggap penting karena dapat meningkatkan kemungkinan pembeli untuk mencoba produk tersebut.Mereka juga mempertinggi pengenalan produk dan dapat meningkatkan ukuran dan pembelajaan.
            Agar berhasil, promosi penjualan harus lebih nyaman dan mudah di capai ketika keputusan belanja terjadi.
TIPE PROMOSI PENJUALAN
            Bentuk promosi yang paling dikenal adalah kupon, pajangan poin of purchase, beragam rangsangan belanja (khususnya sampel gratis dan hadiah), pameran dagang, serta kontes dan undian.
ü  Selembaran Kertas yang menyebutkan bahwa si pembawa berhak mendapatkan diskon senilai tertentu dari harga biasa di sebut kupon. Kupon dapatdigunakan merangsang pelanggan agar mencoba produk baru, untuk menjahkan pelanggan dari produk pesaing nya, atau untuk membujuk pelanggan yang sudah ada supaya membeli lebih banyak. Kupon muncul di majah dan Koran, yang disatukan dengan produk lainnya, dan kadang kala dikirim melalui pos surat.
ü  Untuk merebut perhatian pelanggan ketika mereka berjalan melalui took, beberapa perusahaan menggunakan pajangan point of purchase (POP). Terletak diujung selasar atau dekat tempat pembayaran, pajangan POP membuat para pelanggan lebih mudah menemukan produk dan memudahkan penjual menyisih kan pesaingnya dari pertimbangan belanja pelanggan.
ü  Sampel gratis dan premium adalah Iinsentif pembelian. Sampel gratis memungkinkan konsumen mencoba produk tanpa resiko. Sampel dapat diberikan di outlet eceran atau dikirim lewat pos.Premium (hadiah) adalah produk gratis atau didiskon, yang diberikan kepada konsumen bila mereka membeli produk tertentu. Premium diantaranya berupa pulpen, kalender, atau gelas cantik.
ü  Secara berkala, industri mensponsori





Tidak ada komentar:

Posting Komentar