Senin, 07 Maret 2016

daftar ekonomi pembangunan

MENGORGANISASIKAN PERUSAHAAN BISNIS
logo unila 2.jpg








DISUSUN OLEH:
KELOMPOK 2
DEANITA RAHMALIA A. (1411011022)
KOMANG JUNAEDI (1411011062)
MARYANI (1411011072)
SHINTA DWI FASMITHA (1411011124)
VINA SONIA KURNIANTI (1411011138)


FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS LAMPUNG
TAHUN AKADEMIK 2014/2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya kami masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan tugas makalah ini. Tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada ibu Dr. Dorothy Rouly Pandjaitan S.E., M.Si. dan ibu Dwi Asri Siti Ambarwati, S.E., M.Si. yang telah membimbing kami.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memahami bagaimana mengorganisasikan perusahaan bisnis. Dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya pada diri kami sendiri dan semua yang membaca makalah kami ini, dan  mudah-mudahan juga  dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.
Dalam penyelesaian tugas pembelajaran ini kami banyak menerima bantuan dan dukungan dari banyak pihak.
Akhir kata kami sebagai penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.
Kami menyadari mungkin masih ada kekurangan dan kesalahan, oleh karena itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Bandar Lampung, 23 Oktober 2014

Penyusun



DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR.......................................................................................... ii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang..................................................................................... 1
1.2  Maksud dan Tujuan............................................................................. 1
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Struktur Organsasi............................................................................... 2
2.1.1 Faktor Penentu Organisasi.................................................... 2
2.1.2 Rantai Komando................................................................... 3
2.2 Dasar-dasar Pembentukan Struktur Organisasi.................................... 3
2.2.1 Spesialisasi............................................................................ 4
2.2.1.1 Spesialisasi dan Pertumbuhan................................ 4
2.2.2 Departementalisasi................................................................ 4
2.2.2.1 Departementalisasi Berdasarkan Pelanggan.......... 4
2.2.2.2 Departementalisasi Berdasarkan Produk............... 5
2.2.2.3 Departementalisasi Berdasarkan Proses................. 5
2.2.2.4 Departementalisasi Berdasarkan Geografis........... 5
2.2.2.5 Departementalisasi Berdasarkan Fungsi................ 5
2.3 Menetapkan Hierarki Pengamblan Keputusan..................................... 6
2.3.1 Menetapkan Tugas Tanggung Jawab dan Wewenang.......... 6
2.3.2 Melaksanakan Tugas Delegasi dan Akuntabilitas................. 7
2.3.2.1 Rasa Takut dalam Proses Pendelegasian.... 7
2.3.3 Mendistribusikan Wewenang Sentralisasi dan Desentralisasi 8
2.3.3.1 Organisasi Tersentralisasi....................................... 8
2.3.3.2 Organisasi Terdentralisasi...................................... 9
2.3.3.3 Organisasi Tinggi dan Datar.................................. 9
2.3.3.4 Rentang Kendali.................................................... 9
2.3.4 Tiga Bentuk Wewenang..................................................... 11
2.3.4.1 Wewenang Lini.................................................... 11
2.3.4.2 Wewenang Staf................................................... 11
2.3.4.3 Wewenang Komite dan Kelompok..................... 12
2.4 Bentuk-bentuk Dasar Organisasi....................................................... 13
2.4.1 Organisasi Fungsional......................................................... 13
2.4.2 Organisasi Divisional.......................................................... 13
2.4.3 Organisasi Matriks.............................................................. 14
2.4.4 Organisasi Internasional...................................................... 15
2.4.5 Desain Organisasi Abad Ke-21.......................................... 15
2.4.5.1 Organiasai Tanpa Batas....................................... 16
2.4.5.2 Organisasi Tim..................................................... 16
2.4.5.3 Organisasi Maya.................................................. 16
2.4.5.4 Organisasi Pembelajaran...................................... 17
2.5 Organisasi Informal............................................................................ 17
2.5.1 Sistem Organisasi Formal vs Informal................................ 18
2.5.1.1 Kelompok Informal............................................. 18
2.5.1.2 Jaringan Komunikasi Informal............................. 18
2.5.2 Interpreneuring................................................................... 19
2.6 Studi Kasus............................................................................ 20
2.6.1 PT Sido Muncul...................................................... 20
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan........................................................................................ 27

DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 29

LAMPIRAN........................................................................................................ 30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar